BELAJAR SAMPAI MATI

Kamis, 18 Februari 2016

Jambore On the air Jambore On The Internet

         Pramuka mengajarkan kita untuk Kreatif. Banyak sekali kegiatan yang kita lakukan untuk mengembangkan kreatifitas dalam pramuka. Salah satunya adalah Jambore On the Air Jambore On the Internet atau sering dikenal dengan JOTA-JOTI. Jambore On the Air Jambore On the Internet dilaksanakan berskala nasional.
            Jambore On The Air adalah suatu kegiatan bertukar pengalaman antar anggota pramuka dari berbagai usia melalui udara seperti radio. Sedangkan Jambore On The Internet adalah kegiatan bertukar pengalaman antar anggota pramuka melalui internet seperti via chatt.
            Jambore On The Air sudah diselenggarakn semenjak tahun 1950 yang lalu melalui radio callsign G3BHK.  Sedangkan untuk Jambore On The Internet mulai dirintis 1995. JOTA-JOTI sudah menjadi salah satu agenda terbesar yang dilaksanakan oleh WOSM.
Secara tradisional, adik-adik Pramuka akan berbicara menggunakan radio SSB maupun radio FM VHF untuk berkomunikasi dengan anggota pramuka lainnya di Indonesia maupun di dunia.Berbeda dengan kegiatan tradisional JOTA, stasiun JOTA YC0ZSA yang berlokasi di Jakarta Pusat yang dioperasikan oleh rekan-rekan ORARI dari Lokal Kemayoran YC0ZAL melakukan beberapa terobosan pada kegiatan JOTA di Indonesia.
Beberapa terobosan yang dilakukan antara lain adalah dilakukan workshop dimana adik-adik Pramuka diperkenalkan teknik untuk beroperasi pada frekuensi Microwave 2,4 GHz menggunakan peralatan Ubiquiti PowerStation2, NanoStation2 dan PicoStation2 yang merupakan hibah dari Wirelest University dari Amerika Serikat.
Sedangkan JOTI menggunakan software iQSO dan eQSO. JOTI dengan eQSO dilakukan oleh adik Pramuka menggunakan laptop yang tersambung ke Internet. Kira-kira mirip voice chatting di Internet. OTI dilakukan pada room Pramuka dan NstaraNet. eQSO kali ini berhasil berkomunikasi dengan stasiun JOTI dari Batam, dan banyak lokasi lainnya melalui Internet
Dengan adanya kegiatan Jambore On the Air Jambore On the Internet adika-adika bisa sekaligus belajar tentang teknologi yang berkembang searah zaman. Sehingga kegiatan pramuka lebih bervariasi dan tidak hanya di isi dengan pembelajaran tekpram sepereti sandi, morse, semaphore, ataupun phioneering. Dan juga dengan adanya JOTA-JOTI para adika-adika bisa berkomunikasi dengan anggota pramuka lainya dari seluruh pelosok negeri  tanpa harus bertatap langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar